Keterampilan Proses
Setiap
mata pelajaran memiliki karakteristik khusus dalam pendekatan
pembelajaran. Pembelajaran IPA lebih
menekankan pada penerapan keterampilan proses. Aspek-aspek pada pendekatan
ilmiah (scientific approach) terintegrasi pada pendekatan keterampilan proses
dan metode ilmiah. Keterampilan proses sains merupakan seperangkat
keterampil-an yang digunakan para ilmuwan dalam melakukan penyelidikan ilmiah.
Keterampilan yang dilatihkan ini dikenal dengan keterampilan proses IPA.
American Association for the Advancement of Science (1970)
mengklasifikasi-kannya menjadi keterampilan proses dasar dan keterampilan
proses terpadu.
Tabel
2.2. Indikator Keterampilan Proses Dasar dan Terpadu
Keterampilan Proses Dasar
|
Keterampilan Proses Terpadu
|
Pengamatan
|
Pengontrolan variabel
|
Pengukuran
|
Interpretasi data
|
Menyimpulkan
|
Perumusan hipotesa
|
Meramalkan
|
Pendefinisian
variabel secara operasional
|
Menggolongkan
|
|
Mengkomunikasikan
|
Merancang eksperimen
|
Keterampilan
proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai
pengalaman pembelajaran. Melalui pengalaman langsung seseorang dapat lebih
menghayati proses atau kegiatan yang sedang dilakukan.
Tabel 2.3. Indikator Keterampilan Proses Sains
beserta Sub indikatornya.
No.
|
Indikator
|
Sub
Indikator Keterampilan Proses Sains
|
1.
|
Mengamati
|
Menggunakan sebanyak mungkin alat
indera
Mengumpulkan/menggunakan fakta yang
relevan
|
2.
|
Mengelompokkan/
Mengklasifikasi
|
Mencatat setiap pengamatan secara
terpisah
Mencari perbedaan, persamaan
Mengontraskan ciri-ciri
Membandingkan
Mencari dasar pengelompokkan atau
penggolongan
|
3.
|
Menafsirkan
|
Menghubungkan hasil-hasil pengamatan
Menemukan pola dalam suatu seri
pengamatan
Menyimpulkan
|
4.
|
Meramalkan
|
Menggunakan pola-pola hasil pengamatan
Mengungkapkan apa yang mungkin terjadi
pada keadaan sebelum diamati
|
5.
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Bertanya apa, mengapa, dan bagaimana
Bertanya untuk meminta penjelasan
Mengajukan pertanyaan yang berlatar
belakang hipotesis
|
6.
|
Merumuskan
hipotesis
|
Mengetahui bahwa ada lebih dari satu
kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian
Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu
diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara
pemecahan masalah.
|
7.
|
Merencanakan
percobaan
|
Menentukan alat/bahan/sumber yang akan
digunakan
Menentukan variabel/ faktor penentu
Menentukan apa yang akan diukur,
diamati, dan dicatat
Menentukan apa yang akan dilaksanakan
berupa langkah kerja
|
8.
|
Menggunakan
alat/bahan
|
Memakai alat/bahan
Mengetahui alasan mengapa menggunakan
alat/bahan
Mengetahui bagaimana menggunakan alat/
bahan.
|
9.
|
Menerapkan konsep
|
Menggunakan konsep yang telah
dipelajari dalam situasi baru
Menggunakan konsep pada pengalaman
baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
10.
|
Berkomunikasi
|
Mengubah bentuk penyajian
Menggambarkan data empiris hasil
percobaan atau pengamatan dengan grafik atau tabel atau diagram
Menyusun dan menyampaikan laporan
secara sistematis
Menjelaskan hasil percobaan atau
penelitian
Membaca grafik atau tabel atau diagram
Mendiskusikan hasil kegiatan mengenai
suatu masalah atau suatu peristiwa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar